Judul : Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk
link : Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk
Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk
Kali
Ini saya akan membahas bagaimana cara menentukan harga jual prdouk,
teori ini bisa dipraktekan untuk mencari margin jualan kita saat
dropship
Bagi
Anda yang dropship dari supplier dengan harga ekstra murah atau
memiliki produk sendiri untuk bisnis Anda, terkadang menentukan harga
jual bisa menjadi tantangan sendiri.
Harga
jual yang tidak sesuai kondisi pasar bisa menyebabkan pasar enggan
untuk menyerap produk Anda. Lalu bagaimana cara menentukan harga suatu
produk sebelum dijual?
1. HITUNG HPP (HARGA POKOK PRODUKSI)
HPP
adalah jumlah total biaya yang diperlukan untuk membuat satu produk
yang akan Anda jual. HPP ini meliputi berapa biaya yang diperlukan
untuk membeli bahan baku, upah pegawai produksi, biaya kemasan,
transportasi yang diperlukan, hingga biaya yang diperlukan untuk
menjual satu produk.
Jika Anda menjual di atas HPP maka Anda akan mendapatkan keuntungan. Jika Anda menjual di bawah HPP, maka Anda rugi.
2. LIHAT HARGA PESAING
Sebelum
menentukan harga jual, Anda juga perlu mengecek harga pesaing Anda.
Cara termudah untuk menarik customer adalah berikan harga sedikit lebih
rendah daripada harga pesaing Anda. Tetapi jika Anda menginginkan
harga yang sama atau menjual sedikit lebih mahal daripada pesaing Anda,
pastikan produk Anda memiliki value lebih atau Anda memberikan
pelayanan lebih kepada pembeli.
Misalnya
: Online shop A dan Anda sama-sama berjualan handphone. Online Shop A
menjual HP dengan harga 2.5 juta. Anda juga ingin menjual dengan harga
2.5 juta. Agar Anda memenangkan persaingan dengan Online Shop A, Anda
bisa menjual dengan harga segitu tapi Anda memberikan bonus free PAKET
DATA dan gratis case HP.
3. TENTUKAN MARGIN YANG ANDA INGINKAN
Margin adalah selisih keuntungan setelah harga jual dikurangi HPP. Margin biasanya disebut dalam hitungan persen.
Tidak ada batasan pasti dalam menentukan margin. Semua tergantung jenis produk, jenis target market, dan layanan yang diberikan.
Jika
Anda ingin menyasar pangsa pasar middle up, Anda bisa meninggikan
margin produk. Tapi konsekuensinya, Anda harus siap mengeluarkan dana
ekstra untuk pemasaran. Anda ingin menyasar pangsa pasar middle low,
bisa jadi Anda harus mengurangi margin. Tapi Anda tetap bisa
mendapatkan total keuntungan dan omset melalui faktor kali.
Saat
menentukan margin, perhitungkan juga untuk memberikan harga diskon
untuk promo. Customer akan sangat suka sekali jika diberi promo.
Terutama diskon bertumpuk. Seperti “Diskon 50%+20%”
Nah
agar tidak tekor saat membuat promo, pastikan Anda sudah
memperhitungkan margin terendah yang bisa Anda dapatkan jika Anda
menerapkan macam-macam harga diskon.
Menerapkan
harga jual bisa jadi seni tersendiri. Kita juga tidak bisa memastikan
di awal bahwa harga jual kita pasti benar. Cara untuk mengetahuinya ya
kita harus tes pasar.
Coba
jual dengan harga sekian, bagaimana pembeliannya. Lalu dengan harga
variasi lain, apakah ada penambahan atau penurunan jumlah pembeli.
Dan yang tidak boleh kalah pentingnya : pelayanan terhadap customer.
Anda
memberi banyak diskon dan paket promo yang menarik. Tapi jika
pelayanan Anda sendiri tidak memuaskan customer, sama saja customer
malas beli.
Pengen
dapat banyak penjualan, harga sudah murah, banyak diskon, banyak
bonus, tapi cara Anda melayani customer jutek dan slow respond. Sama
saja customer jadi malas beli.
Demikianlah Artikel Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk
Sekianlah artikel Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk dengan alamat link https://bbodhyes.blogspot.com/2017/08/cara-menentukan-harga-jual-suatu-produk.html
0 Response to "Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk"
Posting Komentar